Get cash from your website. Sign up as affiliate.
presell

Bahaya Monitor CRT

Bagi anda yang saat ini masih menggunakan monitor CTR (tabung) mungkin artikel ini patut anda baca. Mengapa ? Karena ada beberapa rahasia yang perlu anda ketahui mengenai monitor CRT, terkait dengan bahaya yang ditimbulkannya. Hal ini tidak terikat pada 1 monitor saja, tapi hampir semuanya, bahkan akan lebih terasa lagi jika ukuran monitor CRT tersebut semakin besar. berikut bahaya yang dimiliki oleh monitor CRT bagi kesehatan:
  1. Gambar yang ditampilkan merupakan hasil dari tembakan elektron. Hasil tembakan ini pasti akan ada yang sampai kemata kita, jadi kemungkinan besar tetap akan berpengaruh.
  2. Radiasi yang ditimbulkan dari tembakan ini juga sangat berasa, mulai dari hanya sekedar mata lelah hingga rasa pusing jika menatapnya terlalu lama.
  3. Jika gejala mata lelah atau rasa pusing dibiarkan terlalu lama, maka dapat berakibat fatal, terutama pada kesehatan mata, karena bisa-bisa mata kita menjadi minus akibat radiasi yang ditimbulkan (bukan menakut-nakuti, tetapi sudah terbukti dari teman-teman yang bekerjanya selalu didepan komputer, atau lihat saja para programmer, rata-rata menggunakan kaca mata juga khan ?)
  4. Bukan cuma mata saja yang bisa terpengaruh, bagian tubuh juga bisa, hal ini bisa ditandai dengan kondisi badan yang rada sakit atau rada pegal-pegal.
Terus, bagaimana menanggulangi agar gangguan tersebut bisa dihilangkan ? Gangguan tersebut ternyata sampai kapanpun tidak bisa dihilangkan, tetapi hanya bisa diminimalisir (dikecilkan). Bagaimana caranya ?. Silahkan simak point-point berikut:
  1. jangan menatap monitor terlalu lama, usahakan maksimal 5 manit, itupun harus diimbangi dengan sering mengedipkan mata. 
  2. Setiap 5 menit usahakan palingkan pandangan dari monitor. Anda bisa melihat lingkungan disekitar anda, yang penting palingkan pandangan dari monitor.
  3. Gunakan Filter monitor yang berkualitas bagus. Filter yang harganya 20rb-an hanya berfungsi untuk meredam cahaya, bukan meredam radiasi, jadi gunakan filter yang sudah terbukti bisa meredam radiasi monitor.
  4. Perbanyak konsumsi vitamin, terutama vitamin A, karena menurut dunia kedokteran Vitamin A baik untuk kesehatan mata.
  5. Periksakan kesetakan mata anda 1 bulan sekali, untuk mengetahui gejala dini dari kerusakan mata.
  6. Jika perlu ganti monitor CRT anda dengan monitor LCD, karena LCD mempunyai tingkat radiasi yang sangat rendah, bahkan bisa dibilang hampir berkurang 75 %.
Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, jika ada saran silahkan tinggalkan komentar

2 komentar:

Mbahee 26 Maret 2010 pukul 08.25  

nice info , saya di rumah pake monitor CRT , bahkan nyetrum kalo di pegang monitor nya , tapi mau ganti LCD repot di perawatanya ...

Admin 26 Maret 2010 pukul 21.17  

Gak juga Mbahe... LCD malah lebih mudah, yang penting jaga agar tetap bersih, dan yang penting lebih irit, jadi gak bikin tagihan membengkak

Komentar Terakhir

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP