Get cash from your website. Sign up as affiliate.
presell

Safari Browser Untuk Windows

Sudah mencoba Safari ? Pretty and nice, eh? Browser versi Beta andalan terbaru dari Apple ini meng-klaim dirinya sebagai “The world’s fastest browser” dengan berbagai fitur terbaru seperti Coverflow History, Top Sites Welcome Page, dsb. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan. Tapi ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang ‘tidak terlalu positif’ tentang Safari 4.
Saya pribadi tidak begitu suka dengan Safari 4 dan baru saja meng-uninstall-nya dari Macbook saya. Sebenarnya dari awal saya sudah kurang sreg dengan penempatan tab yang benar2 ada di bagian paling atas jendela browser dan tombol [+] yang ada di pojok kanan. Tapi anyway, saya tetap meng-install-nya untuk mencoba. Kesan pertama? Wuih kenceng dan nice, terutama Top site-nya dan Coverflow History.
Beberapa minggu kemudian saya menemukan sebuah link yang menginformasikan cara mematikan beberapa fitur2 di Safari 4 dan mengembalikan interface usability Safari 3. Humm, sudah mulai fishy nih. Artinya ternyata bukan cuma saya yang kurang sreg dengan interface baru Safari 4. :)
Baru beberapa minggu kemudian saya menemukan satu link yang lebih ’seru’ lagi. Diungkapkan bahwa ternyata Safari 4 menyimpan bookmark, history dan cache files dari setiap halaman yang dibuka tanpa seizin penggunanya dan ukurannya file-nya total bisa mencapai giga-an! Informasi2 yang tersimpan itu tidak akan hilang walaupun kita sudah membersihkannya melalui preferences Safari 4.
Beberapa dari junk files tersebut memang bisa dibersihkan secara manual melalui Finder dengan mencarinya di directory ~/Library/Caches/Metadata/Safari dan di  ~/Library/PubSub/Feeds/. Tapi jumlah data terbesar (diduga adalah screenshot2 yang dipergunakan untuk Coverflow History dan Top Sites) ada di direktori yang tersembunyi sangat dalam yang bahkan diperlukan software utility lain untuk bisa menemukannya. Diinformasikan bahwa file2 tersebut berlokasi di: /private/var/folders/et/etuAKaR1GTeV9DVe
RGfst++++TI/-Caches-/com.apple.Safari/Webpage Previews/
Sebagi pengguna Mac yang biasa-biasa saja, :) saya sendiri tidak berhasil menemukan direktori terakhir itu dan mengambil jalan pintas untuk meng-uninstall Safari 4 dan mengembalikannya ke Safari 3. (Dan mudah2an saja seluruh direktori itu juga ter-bersihkan) :D
Namun ini juga harus dilakukan dengan hati2 karena bila uninstalling dilakukan menggunakan aplikasi 3rd party uninstaller, bukan hanya Safari 4 yang terhapus tapi juga Safari 3. (Ada beberapa kasus seperti itu yang saya temukan di internet). Ini karena pada dasarnya Safari 4 sebenarnya hanya mengupgrade engine Safari 3. Cara paling aman adalah dengan menjalankan uninstaller yang ada di file instalasi DMG Safari 4.
So? Sekarang kembali kepada Anda. Bila anda memang mau mengorbankan hardisk ditumpuki oleh junk files demi keindahan Coverflow dan Top Sites, silahkan menginstall Safari 4. Saya pribadi tidak rela melakukannya, hanya untuk fitur eyecandy yang tidak terlalu penting tersebut.
Ketika Google malah berusaha membuat browser yang se-efektif, se-simpel dan se-efisien mungkin, aneh memang mengapa Apple sampai rela membuat seperti itu hanya demi keindahan tampilan. Padahal, tanpa ditambahkan fitur eyecandy yang aneh2 pun, default visual dan interface OSX sendiri menurut saya sudah merupakan yang paling bagus diantara semua OS yang ada. :)

4 komentar:

software 14 Mei 2010 pukul 06.19  

Ijin sedot gan, baru denger soalnya

Admin 14 Mei 2010 pukul 06.20  

Ya, salam kenal semuanya, terima kasih atas kunjungannya

Komentar Terakhir

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP