Get cash from your website. Sign up as affiliate.
presell

Tips Agar Flash Disk Awet

Sebagaimana peripheral lainnya, Flash Disk (FD) juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan FD bermacam-macam jenisnya, mulai dari tidak bisa ditulisi, tidak bisa di format, sampai yang paling parah FD tidak terdeteksi. Nah, jika sudah seperti itu, data andalah yang akan menjadi korbannya. Sayang sekali bukan jika FD anda rusak. Memang semua barang elektronika akan mengalami kerusakan, tetapi kerusakan setiap barang elektronika bisa di cegah agar lebih awet/berumur panjang.
Bagaimana menjaga agar FD anda lebih awet? Simak trik berikut agar FD anda semakin awet:
  1. Letakkan FD ditempat yang aman, jangan sampai FD anda mudah jatuh.
  2. Jangan menyimpan FD dalam saku anda yang didalamnya juga terdapat HP anda. Sinyal HP akan mudah membuat FD anda cepat rusak. Usahakan anda menyimpan dalam saku yang berbeda.
  3. Setiap FD mempunyai umur penulisan dan penghapusan, maksudnya setelah beberapa kali penulisan dan penghapusan data, maka FD akan mengalami kerusakan. Jadi minimalkan frekuensi penulisan dan penghapusan data di FD anda. Jika memungkinkan selalu kompress data anda agar jumlah data yang tersimpan dalam FD anda semakin kecil. (Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar atau WinZip). Selain lebih kecil, waktu yang dibutuhkan untuk menulis data ke FD juga akan semakin cepat jika anda menulis dalam format file terkompresi.
  4.  Selalu gunakan opsi Safely and Remove Device ketika anda akan mencabut FD dari USB. Jika tidak, hal itu juga akan membuat FD anda berumur lebih pendek.
  5. Tancapkan FD anda saat dibutuhkan saja, jika sudah tidak dibutuhkan, segera cabut dari komputer.
  6. Jauhkan FD anda jadi suhu yang terlalu panas, cari port USB untuk menancapkan FD yang jauh dari area ventilasi komputer (tempat keluarnya udara panas, biasanya terdapat pada beberapa jenis notebook)
  7. Usahakan jangan menyimpan FD anda di saku, hal ini untuk mengantisipasi FD anda ikut tercuci (kalo sudah begini, ucapkan good bye jika anda ikut merendam FD anda bersama cucian).
  8. FD sangat anti terhadap goncangan, jadi usahakan jauh dari goncangan
Demikian artikel yang dapat saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang budiman, saran dan kritik silahkan tinggalkan konektar, terima kasih

0 komentar:

Komentar Terakhir

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP