Get cash from your website. Sign up as affiliate.
presell

Agar Blog Banyak Komentar

komentar
Merupakan salah satu kebanggaan -khususnya bagi kebanyakan blogger Indonesia- jika sebuah blog mempunyai banyak komentar dari para pengunjungnya. Namun tentunya bukan komentar dari para spammer, karena kalaupun demikian, maka blog ini pun mempunyai rekor yang tinggi dilihat dari banyaknya spam (sampai-sampai bandwidth terkuras karena kedatangan dari para spammers)
Beberapa kita lihat di sekeliling kita -atau mungkin anda yang membaca- blog yang sungguh mengagumkan di mata saya pribadi, disebabkan kebanyakan para komentatornya merupakan pengunjung setia blog itu, dan jumlahnya komentarnya pun mencengangkan, yakni hingga lebih dari 50 per halamannya.
 
Blogwalking merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjaring banyak pengunjung. Namun apakah sesederhana itu? Ternyata banyak tips dan trik yang dapat dijadikan acuan agar blog kita mempunyai banyak pengunjung DAN komentar tentunya.

Tips agar blog mempunyai banyak pengunjung dan komentar


  1. Pakailah WordPress

    Mengapa mesti WordPress? (Walaupn saya menggunakan blogspot ya) Karena WordPress merupakan engine blog yang paling comment friendly. Dengan wordpress pengunjung dapat langsung menuliskan nama dan email serta mengirimkan komentar hanya dengan satu klik saja. Berbeda halnya dengan blogspot yang harus memilih profile sebelum menuliskan komentar, dan itupun belum dihitung dengan kegagalan koneksi yang mengakibatkan komentar gagal terkirim. Multiply lebih parah (I hate multiply), karena membatasi diri hanya untuk kalangan yang memiliki akun saja yang bisa memberikan komentarnya.

  2. Pakailah Themes/template yang “cepat” dan ringan.

    Cepat di sini dimaksud dengan cepat loadingnya dan juga mudah dalam navigasinya.

  3. Tulislah kontent yang bermutu serta menarik perhatian pengunjung.

    Biasanya topik yang disukai pengunjung adalah topik-topik hangat seputar informasi, gadget, atau teknologi.

  4. Bukalah diskusi dalam setiap postingan yang ditulis.

    Hal ini bisa dilakukan dengan membuka pertanyaan dari sang penulis sendiri, misalnya dengan kata-kata “Bagaimana menurut anda?”, “Mungkin ada yang mau menanggapi?”, atau kata-kata yang semisalnya, sehingga pengunjung akan terdorong untuk memberikan komentarnya.

  5. Sebisa mungkin tanggapilah setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung.

    Dengan kita menelaah setiap pertanyaan, kita bisa tahu mana pertanyaan yang sebenar-benarnya dan mana pertanyaan yang hanya basa-basi saja. Jika memang pengunjung membutuhkan jawaban, maka balas (reply) lah komentar tersebut. Jika pengunjung tersebut mempunyai blog maka akan sangat baik jika kita bisa segera menjawabnya langsung di blog yang bersangkutan.

  6. Aktifkan threaded comment.

    Meski kurang bagus secara aksesibilitas, namun adanya fitur thread comment tentu saja akan membuat keasyikan sendiri dalam berkomentar maupun membalas komentar.

  7. Pasanglah widget Top commentator

    Dengan ini para pengunjung akan semakin bersemangat dalam meninggalkan komentarnya yang diharapkan nama dan link blognya akan terus tercantum di sidebar sang empunya blog.

  8. Janganlah memasang captcha atau kode verifikasi yang sulit.

    Captcha memang sangat bermanfaat untuk menangkal serangan spam. Namun penggunaan captcha yang susah dibaca, apalagi warna dan letaknya yang susah dijangkau oleh pandangan akan menghalangi pengunjung menuliskan komentar. Biasanya pengunjung tidak suka hal yang ribet, maka buatlah hal tersebut menjadi mudah.

  9. Pasanglah plugin commentluv

    Plugin tersebut akan menampilkan postingan terakhir bersamaan dengan komentar pengunjung (yang mempunyai blog tentunya), sehingga pengunjung yang bermaksud mempromosikan tulisannya akan segera mengirimkan komentar.

  10. Hilangkan atribut rel=nofollow (tidak disarankan)

    Secara default, komentar yang dipost-kan pada wordpress mempunyai atribut nofollow. Hal tersebut akan menjadikan link url sang komentator tidak akan diikuti (difollow) oleh mesin pencari. Dengan membuang rel=nofollow, maka link url pengunjung yang memberikan komentar akan dapat terindex dengan cepat. Hal inilah yang biasanya dicari oleh “maniak-maniak” pencari backlink, sehingga mereka dengan serta merta langsung menuliskan komentarnya, dan biasanya para maniak tersebut akan menyertakan juga link-link url blog-blog mereka yang lain, dengan harapan link-link tersebut dapat terindex oleh mesin pencari. Penghilangan atribut nofollow merupakan cara yang sangat efektif untuk memperbanyak komentar di blog kita, namun tentunya dengan konsekwensi kredibilitas blog kita akan menurun.

  11. Lakukan Blog walking dengan benar dan tepat.

    Kenapa saya menuliskan dengan kata “benar dan tepat”? Karena merupakan kesalahan yang dilakukan oleh sebagian blogger, bahwasanya mereka blogwalking hanya karena ingin mendapat trafik. Ini adalah kesalahan fatal. Lakukanlah blogwalking dengan tetap berniat menjaga hubungan pertemanan, silaturahim, dan saling berbagi antar sesama blogger.
warning sign
Cara-cara di atas hanya merupakan sebagian dari cara-cara yang lazim dilakukan oleh para popular blogger. Akan lebih banyak lagi cara-cara yang bisa kita gali dengan mengamati sebagiannya. Jika anda tidak puas dengan cara-cara di atas, mungkin cara-cara yang akan dituliskan lagi di bawah ini dapat membantu anda.

Cara tolol mendatangkan memperbanyak komentar

  1. Balaslah setiap komentar yang masuk, baik itu pertanyaan betulan, pertanyaan basa-basi, atau mungkin spam. Balaslah dengan segala kemampuan baik waktu dan pikiran anda. Usahakan membalas dengan kalimat atau paragraf yang lebih banyak daripada komentar itu sendiri, dan lakukanlah dengan berulang-ulang, dengan itu para pengunjung akan menyangka atau mungkin menobatkan anda sebagai master dalam bidang per-komen-an.
  2. Jika anda dalam keadaan logout, maka berkomentarlah di blog anda sendiri dengan memakai nama dan email yang berbeda. Lakukan denga rapi agar orang-orang menyangka blog anda laris akan pengunjung. Serta jangan lupa, setelah menulis komentar, maka loginlah kembali dan balaslah komentar yang telah anda tulis. Tentunya dengan balasan komentar yang jauh lebih panjang dan banyak.
  3. Buatlah kontes dengan imbalan hadiah bagi komentator terbanyak. Menabunglah dari sekarang, atau klik iklan-iklan adsense anda, dan kemudian uang yang diperoleh jadikanlah sebagai hadiah kontes bagi para komentator. Beriklanlah di google adsense atau tempat iklan baris gratis, atau mungkin juga blog lain bahwa anda mengadakan kontes berhadiah bagi siapa saja yang memberikan komentar terbanyak.
  4. Kerahkan teman-teman dan tetangga-tetangga anda untuk berkomentar di blog anda. Tentunya pada masa kampanye sekarang, anda bisa jadikan hal ini sebagai ajang promosi dengan uang sebagai imbalannya.
  5. Jadilah maniak. Siapkan PC dengan koneksi internet. Siapkan alamat-alamat blog yang pouler. Sebelumnya siapkan dulu kata-kata seperti berikut ini:

    • Lam kenal, kunjungi blog saya
    • Nice info, silahkan berkunjung balik
    • great!!! ayo komentar di blog saya!!!
    • Ada hadiah buat para yg komen di blog saya.
    • pertamaxxxx!!!!!!!!! Silahkan berkunjung.
    • De el el yang semisalnya.
    Kemudian setelah itu, postinglah kata-kata komentar di atas di setiap alamat blog yang anda temui. Tak perlu baca postingan blognya, yang penting sikat habis komentarnya. Lakukan berulang-ulang setiap harinya.
  6. Dan yang terakhir… Lakukanlah operasi plastik dan kelamin agar jadi cewek, lalu pasang foto tersexy anda di blog. Karena di mana-mana blogger cewek itu PASTI banyak komentarnya.

UDAH PUAS????!!!!!!

Selanjutnya ada pertanyaan, diantara kedua bagian trik-trik di atas, manakah kira-kira yang paling mendekati pribadi anda?

Sumber: http://www.rismaka.net/2009/04/trik-agar-blog-mempunyai-banyak-komentar.html

4 komentar:

undergorund 12 Mei 2010 pukul 04.45  

Makasih gan infonya, lucu juga ya

wibowo 30 Juni 2010 pukul 21.00  

kira-kira dari blog bisa di usung langsung ke wordpress ndak, mas? soale dah kadung cinta mati nih ma blog.
kira-kira nanti di search engine nya mulai awal lagi ya? hduh... babat alas maning T_T

tapi teteap seperti yang sebelumnya. postingan menarik. cuma kok jarang di update ya :D

Admin 18 Juli 2010 pukul 05.13  

Agan Wibowo, untuk transfer dari blogspot ke wordpress tentu saja bisa, caranya juga tidak terlalu susah. Silahkan buka CARA TRANSFER BLOGSPOT KE WORDPRESS

Komentar Terakhir

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP